Jangan berlari dengan tempo yang membuat Anda agak tersengal-sengal

11/13/2015 09:23

Karena yang ajek dan sederhana membantu Anda mtlepaskan diri dari ketegangan dan membuatAnda merasa segar dan hidupkembali. Bagaimanapun, jika Anda mempunyai tekanan darahtinggi, kelainan jantung arau sistem peredaran darah atau arrriris pada kaki Anda, berkonsultasilahd engan dokter sebelum memulai program jogging. Idealnya, Anda harus berjogging setiap hari. Jika ini tidak mungkin, Anda harus berlatih dua hari sekali, tetapi iika inijuga tidak mungkin, barangkali Anda tidak akan memperoleh manfaat dari latihan Anda.

Bagaimanapun,vjika Anda belum terbiasa dengan obat sakit sesak nafas atau lebih lengkapnya lihat di https://tahitiannoniindonesiaherbal.com/obat-tradisional-tbc-terbaik-solusi-tepat-atasi-tuberculosis-sampai-tuntas/, Anda tidak boleh langsung ke luar pada suatu hari dan mulai berjogging tanpa persiapan terlebih dahulu. Mulailah dengan berjalan cepat untuk menyelingi jogging-jogging pendek.Lama Anda berjogging tergantung pada usia dan kondisi kebugaranAnda. Yang paling pentingadalah menyusun jadwal yang bertahap,minggu demi mrnggu, untuk memberi waktu kepada jantung,paru-paru, dan sistem peredaran darah mengembangkan daya tahan masing-masing. Thbelyang tersedia memberi dua program yang dapat dijadikan contoh untuk pembuatan jadwal Anda sendiri.

Kapan tidak boleh berjogging

Hindari jogging langsung sehabis makan atau jika Anda lelah atau kurang sehat. Banyak orang menemukan bahwa. waktu yang terbaik adalah pagi ha$ sekali sebelum sarapan, atav sehabis bekerja sebelum santap malam. Jika Anda berjogging dalam situasi tidak umum gelap,gunakan jaket yang memantulkan cahaya atau pakaian berwarna terang sehingga Anda dapat terlihat dengan mudah oleh para pengemudi. Gunakan pakaian yang longgar, ringan dan membuat Anda hangat, tetapi jaogan membuat Anda kegerahan.

BERSEPEDA

Selain sebuah alat transpor yalg murah dan menyenangkan, sepeda juga alat yang baik sekali untuk mempertahankan kebugaran. Bersepeda juga cara yang baik sekali untuk membangun stamina kardiovaskuler,sekaligus mengembangkan kekuatan dan kelentukan otot-otot kaki. Bagaimanapun, untuk membangun stamina yang cukup Anda harus mengayuh kuat-kuat untuk beberapa lvrr.amungkinsekitar 20 menit, paling tidak tiga kali dalam seminggu. Olahraga bersepeda hanya melatih otot-otot besar pada kaki, sehinggamanfaatnya agak terbatas untuk bagian-bagian tubuh yanglain. \Walaupun demikian, sebagaimana biasanya, jika Anda menderita darah tinggi atau gangguan sistem peredaran, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mulai. Belilah sepeda yang dilengkapi dengan gigi-gigi tambahan agar tidak terlalu berat waktu mendaki.

PERINGATAN BILA BERSEPEDA

•    Kenakan selalu pakaian berwarna terangatau memantul sehingga Anda mudah terlihat oleh pengemudi kendaraan. Lampu lampu Anda harus menyala dengan baik.

•    Waspadalah terhadap kendaraan yang tampaknya melaju terlalu kencang. Tetap beradadi tepi |alan dan, jika bersepeda bersama seorang teman, langan berialan berdampingan.

•    Bersepeda di lalan yang ramai bisa berarti menghirup udara yang tercemar, sementara kebisingan lalu lintas daPat membuat Anda tegang.

•    Permukaan .jalan yang kasar bisa membuat Anda tidak nyaman atau bahkan cedera.Hindari ialan yang tidak Anda kenal di malam hari.

•    Jika Anda sudah berumur, kaku atau mempunyai hambatan, misalnya menderita artritis, hindari bersepeda di ialan yang ramaidi mana koordinasi dan refleks yang cePatdiperlukan untuk keselamatan Anda.

•    lngat selalu untuk mengunci sepeda Anda bila ditinggalkan, bahkan di pekarangan rumah Anda sendiri.